Selasa, 08 September 2009

KEGIATAN BULAN RAMADHAN DI SEKOLAH

Di bulan Ramadhan Tahun 1430 Hijriah, SDN Kedungdalem 2 Dringu mengadakan kegiatan Peningkatan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan dibagi dua kegiatan yaitu bagi siswa muslim mengikuti Pondok Ramadhan, khusus siswa non -muslim mengikuti kegiatan Pembinaan Rohani di ruang khusus oleh Pdt. Dadang Iskandar ( sekolah bekerja sama dengan Pimpinan Gereja Pantekosta Jemaat Mawar Saron Probolinggo ).
Kegiatan selama tiga hari tersebut diikuti oleh semua siswa, dan semua guru tanpa kecuali dilibatkan sebagai Penyaji dengan didampingi GPAI yang bertindak sebagai Koordinator, dan bahkan Bapak Drs. Miskono, MM. dan Bapak Drs. Kartin (Pengawas TK/SD) hadir dan menyampaikan materi juga. Menurut Bambang Suryadi VY, M.MPd. Kepala SDN Kedungdalem 2 Dringu, bahwa dilibatkan semua guru adalah sebagai sarana Latihan dan Berlatih bagi guru sebagai Juru Da'wah, dan dilibatkannya pihak gereja agar semua siswa dapat terlayani secara maksimal dalam mengisi Hari Efektif Fakultatif, dan kegiatan ini bukan tugas GPAI saja tetapi kegiatan sekolah yang harus dilaksanakan oleh semua person di sekolah.
Kegiatan lainnya adalah : sholat dhuha berjama'ah bergantian tiap hari yang diikuti oleh siswa kelas III - VI; tadarrus Al-Qur'an tiap hari oleh siswa kelas IV - VI; pengumpulan zakat fitrah.
Agar dalam pelaksanaannya bisa maksimal dan efektif, maka kegiatan dibagi 3 gelombang :
  1. Hari pertama diikuti siswa kelas 1 dan kelas 2
  2. Hari kedua diikiuti siswa kelas 3 dan kelas 4
  3. Hari ketiga diikuti siswa kelas 5 dan kelas 6
Pengelompokan siswa tersebut dengan tujuan agar materi yang disampaikan mudah dipahami oleh siswa yang tidak terlalu jauh perbedaan usianya.
Pada hari berikutnya, ada pembelajaran di kelas yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi bulan ramadhan dan pelaksanaan ibadh puasa, terutama pada diri siswa.

Tidak ada komentar: